Cara Upgrade, Root, Instal Cwm Xiaomi Redmi Note 4G ke Kitkat 4.4.4 MIUI V6

Assalamuallaikum wr. wb
Berhubung saya baru beli hp Xiomi Redmi Note 4G saya langsung cari cara untuk ngerootnya sekalian upadte miui yang versi terbarunya. Akan tetapi Firmware upgrade Xiaomi Redmi Note 4G/LTE Kitkat 4.4.4 MIUI V6 multilanguage international belum secara resmi dirilis, namun firmware versi China hanya ada bahasa Mandarin dan Inggris, tapi sudah dirilis versi stabilnya kog, jadi jangan khawatir.

Oke bagi yang pengen mencicipi V6 Kitkat 4.4.4, boleh langsung ikuti langkah-langkah upgrade berikut:

1. Download dan instal ROM
http://en.miui.com/download-218.html#342

Simpan file firmware dalam bentuk Zip  ke memori eksternal.

Install/upgrade firmware:

Sebelum upgrade supaya semua data di memori internal pindahkan ke memori kartu eksternal.

Factory Reset

Lakukan factory reset, setelah ponsel restart, skip/lewati semua permintaan setting atau login. Dengan menggunakan File Manager copy file firmware Zip dari kartu memori ke memori internal.

Jalankan menu aplikasi updater, biarkan proses check update selesai baru kemudian tekan menu dan pilih “select update package” dan arahkan melalui file manager ke file firmware Zip yang telah dipindah ke memori internal dan start update. Ponsel akan otomatis akan reboot ke recovery menu dan langsung memproses update.

Setelah proses update selesai, ponsel akan reboot.

Jika upgrade tidak mengubah versi MIUI, misalnya versi V6 versi terbaru dengan V6 versi sebelumnya, tak diperlukan factory reset, cukup wipe cache.

2. Ubah Bahasa mandarin ke Bahasa Inggris, jika home screen tidak menampilkan pilihan bahasa

Jika kebetulan saat restart layar tidak menampilkan pilihan bahasa dan home screen hanya bertuliskan bahasa Mandarin, berikut cara ubah bahasa dari Bahasa Mandarin ke Bahasa Inggris.

3. Root dan Install Google Application Menggunakan TWRP

Berhubung ada beberapa yang pada saat  instalasi aplikasi Google menggunakan Mi Store mengalami Play Store gagal terinstal atau Play Store tak jalan, kali ini rute proses Root dan  Instal Google Application
dilakukan sekali jalan menggunakan TWRP.

Download file-file yang dibutuhkan berikut:

– TWRP Recovery for RedMi Note 4G, download disini 2.8.1
– Miui_minote4g_rootonly_beta, download disini
– SuperSu download disini
– Google Application paket nano, download disini
– Root Explorer untuk memastikan proses root sukses atau tidak, download disini

Taruh hasil download di folder mana saja di kartu memori (external microp SD card) kecuali file TWRP.

Instal TWRP

Jalankan file manager rename miuies_TWRP_2.8.1_dior.zip menjadi update.zip (untuk amannya gunakan huruf kecil semua “update.zip), taruh di memori internal, di luar bukan di suatu folder.

Jalankan aplikasi updater dan pilih Reboot to Recovery Mode, sesampai disana (Recovery Mode), pilih dan jalankan “install update.zip to system”, biarkan ponsel memproses update dan reboot setelah update selesai.

Install root, SuperSu dan Google Application sekali jalan

Jalankan Updater untuk masuk ke menu Recovery, dalam hal ini recovery sudah digantikan oleh TWRP. Ikuti langkah-langkah sesuai gambar dibawah, dimana instalasi miui_minote4g_rootonly_beta.zip. UPDATE-SuperSU-v2.14.zip dan pa_gapps-modular-nano-4.4.4-20150215-signed.zip sekali jalan.

1. Pilih direktori SD Card external tempat ketiga file yang akan diinstal.

2. Siapkan file dengan memilih ketiga file secara berurutan untuk diinstal sekaligus, mulai dari file untuk root, miui_minote4g_rootonly_beta.zip, kemudian disusul UPDATE-SuperSU-v2.14.zip dan pa_gapps-modular-nano-4.4.4-20150215-signed.zip

3. Install dan jalankan Root Explorer untuk memastikan Root sukses atau tidak.

4. Login ke Google Account dan jalankan Play Store

Silakan instal aplikasi google yang lainnya melalui Play Store seperti Gmail, Maps, Google Keep, Google Plus dll.

Last but not least, pastikan setting download size = UNLIMITED demi lancarnya download melalui jaringan data operator, bukan wi-fi.

Mengapa harus root ?

Salah satu manfaat status ponsel yang root di antaranya: memindahkan data aplikasi ke memori eksternal menggunakan Link2SD.

SD card harus dipartisi dengan format ext2, ext3 atau ext4 (saya sendiri pilih ext4) menggunakan aplikasi windows Partition MiniTools Wizard download disini atau menggunakan Gparted bagi yang terbiasa dengan Linux. Pada kasus saya partisi ext4 menggunakan Gparted di linux Zorin OS karena hasil partisi menggunakan MiniTools Wizard tak bisa diconfirm oleh Link2SD.

SD card dipartisi menjadi 2 partisi: format fat32 untuk storage penyimpanan dan ext4 untuk Link2SD

Langkah-langkah proses

1. Partisi harus berurutan: ke-1 fat32 dan ke-2 ext4 karena aplikasi Link2SD akan mencari partisi ke-2 untuk cek dan confirm partisi tersebut. Pada kasus saya, dengan memori eksternal 32 GB, 30 GB yang bisa digunakan, saya tetapkan 28 GB fat32, sisanya 2 GB ext4. Tutorial ada di sini atau langsun ke xda.

2. Download, instal dan jalankan Link2SD. Download di sini, instal kedua file.

Partisi dikenali oleh Link2SD dan bisa digunakan jika muncul proses seperti gambar di bawah:

3. Jika langkah nomor 2 sukses maka ponsel akan restart. Setelah restart, jalankan Link2SD dan mulai memindahkan data instalasi ke SD card, ilustrasi gambar berikut untuk memindahkan data aplikasi Facebook Messenger.

4. Tentunya tak seluruh data instalasi dipindah ke partisi ext4 kartu memori eksternal, data aplikasi mentahan apk dari aplikasi bersangkutan dan data setting akan tetap mengeram di memori internal.

DO WITH YOUR OWN RISK
” Segala Kerusakan Akibat Tutorial Diatas, Ditanggung Penumpang”
Semoga Bermanfaat…!!!

sumber: www.tedsign.wordpress.com
Cara Upgrade, Root, Instal Cwm Xiaomi Redmi Note 4G ke Kitkat 4.4.4 MIUI V6 | klinik | 4.5